Diploma Desain & Media
Kuala Lumpur, Malaysia
DURASI
2 Years
BAHASA
Bahasa inggris
KECEPATAN
Waktu penuh
TENGGAT WAKTU APLIKASI
Minta batas waktu aplikasi
TANGGAL MULAI PALING AWAL
Jun 2024
BIAYA PENDIDIKAN
USD 12.000 *
FORMAT STUDI
Di kampus
* total untuk pelajar Malaysia: RM 39,600 | total untuk siswa internasional: RM 46,800/USD 12,000
pengantar
Persyaratan masuk
Persyaratan Umum
SPM | 3 SKS minimal 3 mata pelajaran setingkat SPM, minimal lulus Bahasa Malaysia dan Sejarah (Sejarah); |
IGSE/O-Level | 3 SKS (Grade C & di atas) dalam setidaknya 3 mata pelajaran di IGCSE/O-Levels; |
UEC | 3 SKS (Grade B & di atas) dalam setidaknya 3 mata pelajaran di UEC; |
Sertifikat | Lulus Program Sertifikat yang relevan atau yang setara; |
Kualifikasi yang APU setara dengan kualifikasi di atas.
Catatan: Persyaratan masuk di atas mungkin berbeda untuk program tertentu berdasarkan standar program terbaru yang diterbitkan oleh Malaysian Qualifications Agency (MQA). Kualifikasi dan persyaratan masuk untuk program akan ditentukan berdasarkan "Daftar Perbandingan Kesetaraan Kualifikasi Internasional dengan SPM (setara O-Level) dan STPM (setara A-Level)" yang diterbitkan oleh Malaysian Qualifications Agency (MQA).
Persyaratan bahasa Inggris
Pelajar internasional
- IELTS: 4.0
- TOEFL IBT: 30-31
- Pearson (PTE): 30
- MUET: Band 2
Garis besar program
Diploma APIIT dalam Desain & Media dirancang untuk:
- Menyediakan program yang mencakup aspek akademik serta aspek vokasional Desain dan Media.
- Mempersiapkan siswa untuk karir di lingkungan Desain dan Media.
- Memberikan siswa dengan keterampilan akademik dan profesional untuk mengembangkan solusi yang membutuhkan pandangan holistik dalam Studi Desain.
- Memberikan siswa keterampilan belajar yang kritis, mandiri, dan kooperatif untuk memfasilitasi respons mereka terhadap perubahan internasional yang berkelanjutan di masa depan.
- Mengembangkan keterampilan intelektual, kemampuan komunikasi, dan kemampuan kerja tim siswa.
- Memberi siswa peluang untuk maju ke Program Gelar Standar Desain dan Media di bidang yang relevan.
Semester 1, 2, dan 3 dari diploma ini bertujuan untuk memberikan beberapa modul dasar yang relevan dengan bidang Desain dan Media dan untuk mempersiapkan siswa untuk melanjutkan ke Pathways berbeda di Semester 4 dan 5. Siswa akan ditempatkan di tempat yang inovatif lingkungan belajar untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam berbagai desain dan media kurikulum.
Semester 1
Semester pertama bertujuan untuk memberikan keterampilan penting kepada mahasiswa baru yang relevan dengan kehidupan akademik mereka. Siswa akan dihadapkan pada terminologi dan teknologi khusus yang terkait dengan bidang Desain dan Media. Siswa akan mempelajari dasar-dasar menggambar, generasi ide, dan studi tentang tren dan pemikiran visual.
Modul
- Bahasa Inggris untuk Keperluan Akademik
- Tren dan Pemikiran Visual
- Pengantar Desain Grafis
- Keahlian Pencitraan/Produksi untuk Desain
Semester 2
Pada semester kedua, mahasiswa akan mengembangkan keterampilan komunikasi mereka dan memahami teori-teori seni penting, teori media, dan praktik mereka di industri kreatif. Siswa akan lebih memoles keterampilan ilustrasi tangan dan metode presentasi mereka melalui penggunaan rendering penanda.
Modul
- Menginformasikan Massa: Iklan dan Media di Abad 21
- Teori dan Praktik Seni Visual
- Teknik Menggambar & Presentasi
- Komunikasi Profesional
Semester 3
Selama semester ketiga, mahasiswa akan diperkenalkan dengan manajemen proyek kreatif. Siswa akan dihadapkan pada berbagai metode penelitian yang dapat digunakan untuk merumuskan solusi desain yang efektif. Siswa juga akan memanfaatkan keterampilan yang dikembangkan dari semester sebelumnya dan secara praktis menerapkannya pada proyek berbasis tim yang akan mengembangkan keterampilan berpikir desain mereka. Selain itu, mereka akan mengeksplorasi prinsip-prinsip orisinal teoretis dalam animasi, pencitraan digital 3D, karakter, dan desain seni konseptual lingkungan.
Modul
- Prinsip Animasi
- Ilustrasi untuk Konsep Seni
- Pengantar Proyek Kreatif
- Pengantar Manajemen Proyek
- Pipa 3D
Rute A: Menuju periklanan dan media Pathways
Semester 4
Bersiaplah untuk mendapatkan pengalaman dan paparan langsung yang berharga untuk proyek-proyek berbasis industri di semester keempat. Siswa akan dapat memilih Pathway modul mereka untuk lebih memperluas dasar mereka dalam spesialisasi teknis dan eksplorasi kreatif.
Siswa akan diperkenalkan dengan dasar penggunaan teknik penelitian untuk menganalisis dan memahami konsep penempatan merek dan identitas merek untuk merumuskan ringkasan desain berdasarkan riset pasar. Siswa juga akan melihat prinsip-prinsip pemasaran dasar, masalah yang berkaitan dengan perilaku konsumen, dan strategi untuk praktik kreatif.
Modul
- Waktu Terapan
- Gerakan Terapan
- Teknik Ilustrasi Digital
- Persiapan Proyek Utama
- Konsep Singkat Klien
Semester 5
Pembicaraan bergambar dan diskusi informal akan berlangsung di semester 5 untuk menyelidiki studi konteks desain serta untuk mengevaluasi dan menafsirkan taksonomi sinematografi secara kritis. Di akhir semester, mahasiswa akan dengan bangga memamerkan keahlian desain mereka dari Proyek Utama mereka di sebuah pameran publik. Ini akan menjadi kesempatan bagi mereka untuk bertemu dan mempresentasikan portofolio mereka kepada panel pakar industri.
Modul
- Desain dan Konteks
- Analisis Film Bioskop
- Proyek besar
- Dasar-dasar Pemasaran, Perilaku Konsumen, dan Praktik Kreatif
Semester 6
Siswa akan mengikuti Pelatihan Magang/Industri selama minimal 8 minggu untuk mempersiapkan mereka dalam transisi yang mulus dari kelas ke lingkungan kerja.
Rute B: Menuju animasi dan efek visual Pathway
Semester 4
Bersiaplah untuk mendapatkan pengalaman dan paparan langsung yang berharga untuk proyek-proyek berbasis industri di semester keempat. Siswa akan dapat memilih Pathway modul mereka untuk lebih memperluas dasar mereka dalam spesialisasi teknis dan eksplorasi kreatif.
Siswa akan bereksperimen dengan konteks lain dari genre dan teori animasi serta metode pengukiran karakter tradisional. Atau, mereka dapat diperkenalkan ke pembuatan film digital untuk memahami alur kerja pengomposisian 2D dan untuk memajukan pengetahuan mereka dalam jalur produksi 3D.
Modul
- Waktu Terapan
- Gerakan Terapan
- Teknik Ilustrasi Digital
- Persiapan Proyek Utama
- Pengomposisian Digital dalam Film
- Konteks dan Budaya Animasi
Semester 5
Pembicaraan bergambar dan diskusi informal akan berlangsung di semester 5 untuk menyelidiki studi konteks desain serta untuk mengevaluasi dan menafsirkan taksonomi sinematografi secara kritis. Di akhir semester, mahasiswa akan dengan bangga memamerkan keahlian desain mereka dari Proyek Utama mereka di sebuah pameran publik. Ini akan menjadi kesempatan bagi mereka untuk bertemu dan mempresentasikan portofolio mereka kepada panel pakar industri.
Modul
- Desain dan Konteks
- Analisis Film Bioskop
- Proyek besar
- Jalur Pipa 3D Tingkat Lanjut
- Patung Karakter
Semester 6
Siswa akan mengikuti Pelatihan Magang/Industri selama minimal 8 minggu untuk mempersiapkan mereka dalam transisi yang mulus dari kelas ke lingkungan kerja.
Rute C: Menuju desain industri Pathways
Semester 4
Bersiaplah untuk mendapatkan pengalaman dan paparan langsung yang berharga untuk proyek-proyek berbasis industri di semester keempat. Siswa akan dapat memilih Pathway modul mereka untuk lebih memperluas dasar mereka dalam spesialisasi teknis dan eksplorasi kreatif.
Siswa akan mengalami sesi praktik langsung di bengkel khusus kami untuk memahami cara bekerja dengan alat dan bahan yang berbeda. Siswa juga akan dihadapkan pada keterampilan desain berbantuan komputer pemodelan yang solid seperti Solidworks atau Rhino.
Melengkapi proyek individu terakhir mereka, mereka juga akan mempelajari teknik-teknik penting untuk mengilustrasikan desain mereka secara digital dan menghidupkan dalam 2D dan 3D.
Modul
- Waktu Terapan
- Gerakan Terapan
- Teknik Ilustrasi Digital
- Persiapan Proyek Utama
- Proyek CAD
- Pemodelan Permukaan
Semester 5
Pembicaraan bergambar dan diskusi informal akan berlangsung di semester 5 untuk menyelidiki studi konteks desain serta untuk mengevaluasi dan menafsirkan taksonomi sinematografi secara kritis. Di akhir semester, mereka akan dengan bangga memamerkan keterampilan desain mereka dari Proyek Utama mereka di sebuah pameran publik. Ini akan menjadi kesempatan bagi mereka untuk bertemu dan mempresentasikan portofolio mereka kepada panel pakar industri.
Modul
- Desain dan Konteks
- Analisis Film Bioskop
- Proyek besar
- Gaya dan Substansi Desain
Semester 6
Siswa akan mengikuti Pelatihan Magang/Industri selama minimal 8 minggu untuk mempersiapkan mereka dalam transisi yang mulus dari kelas ke lingkungan kerja.
* Selain di atas, semua siswa juga diwajibkan untuk berhasil menyelesaikan modul Studi Umum sebagaimana ditetapkan oleh Badan Kualifikasi Malaysia, serta memenuhi persyaratan kredit untuk kegiatan Co-kurikuler.
Catatan: Siswa yang mengikuti program ini akan memenuhi syarat untuk melanjutkan ke Tahun 2 dari:
• BA (Hons) dalam Desain Industri • BA (Hons) dalam Efek Visual • BA (Hons) dalam Animasi • BA (Hons) dalam Periklanan Digital
Biaya kursus
Pelajar Malaysia | Pelajar internasional |
RM39.600 | RM 46.800 (USD 12.000) |
* Biaya yang tercantum di sini tidak termasuk Deposit dan Biaya Lain-lain.
Kurikulum
Garis besar program
Diploma APIIT dalam Desain & Media dirancang untuk:
- Menyediakan program yang mencakup aspek akademik serta aspek kejuruan Desain dan Media.
- Mempersiapkan siswa untuk karir di lingkungan Desain dan Media.
- Memberikan siswa keterampilan akademik dan profesional untuk mengembangkan solusi yang membutuhkan pandangan holistik dalam Studi Desain.
- Memberikan siswa keterampilan belajar yang kritis, mandiri, dan kooperatif sehingga dapat memfasilitasi respons mereka terhadap perubahan internasional yang berkelanjutan di masa depan.
- Kembangkan keterampilan intelektual siswa, kemampuan komunikasi, dan kemampuan kerja tim.
- Berikan siswa kesempatan untuk maju ke Program Gelar Desain dan standar Media di bidang yang relevan.
Semester 1, 2, dan 3 diploma ini bertujuan untuk memberikan beberapa modul dasar yang relevan dengan bidang Desain dan Media dan mempersiapkan siswa untuk melanjutkan ke Pathways yang berbeda di Semester 4 dan 5. Siswa akan ditempatkan di ruang inovatif lingkungan belajar untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam berbagai desain dan media kurikulum.
Semester 1
Semester pertama bertujuan untuk memberikan keterampilan penting kepada siswa baru yang relevan dengan kehidupan akademik mereka. Siswa akan dihadapkan pada terminologi dan teknologi spesifik yang terkait dengan bidang Desain dan Media. Siswa akan mempelajari dasar-dasar menggambar, generasi ide, dan studi tentang tren dan pemikiran visual.
Modul
- Bahasa Inggris untuk Keperluan Akademik
- Tren dan Pemikiran Visual
- Pengantar Desain Grafis
- Keterampilan Pencitraan/Produksi untuk Desain
Semester 2
Pada semester kedua, siswa akan mengembangkan keterampilan komunikasi mereka dan memahami teori seni penting, teori media, dan praktik mereka di industri kreatif. Siswa akan lebih memoles keterampilan ilustrasi tangan dan metode presentasi mereka melalui penggunaan rendering penanda.
Modul
- Menginformasikan Massa: Periklanan dan Media di Abad ke-21
- Teori dan Praktek Seni Rupa
- Teknik Menggambar & Presentasi
- Komunikasi Profesional
Semester 3
Selama semester ketiga, mahasiswa akan diperkenalkan dengan manajemen proyek kreatif. Siswa akan dihadapkan pada berbagai metode penelitian yang dapat digunakan untuk merumuskan solusi desain yang efektif. Siswa juga akan memanfaatkan keterampilan yang dikembangkan dari semester sebelumnya dan secara praktis menerapkannya pada proyek berbasis tim yang akan menumbuhkan keterampilan berpikir desain mereka. Selain itu, mereka akan mengeksplorasi prinsip-prinsip orisinal teoretis dalam animasi, pencitraan digital 3D, karakter, dan desain seni konseptual lingkungan.
Modul
- Prinsip Animasi
- Ilustrasi untuk Seni Konsep
- Pengantar Proyek Kreatif
- Pengantar Manajemen Proyek
- Pipa 3D
Rute A: Mengarah ke periklanan dan media Pathways
Semester 4
Bersiaplah untuk mendapatkan pengalaman langsung yang berharga dan paparan proyek berbasis industri di semester keempat. Siswa akan dapat memilih modul Pathway mereka untuk lebih memperluas landasan mereka dalam spesialisasi teknis dan eksplorasi kreatif.
Siswa akan diperkenalkan dengan penggunaan dasar teknik penelitian untuk menganalisis dan memahami konsep penempatan merek dan identitas merek untuk merumuskan ringkasan desain berdasarkan riset pasar. Siswa juga akan mempelajari prinsip-prinsip pemasaran dasar, masalah yang berkaitan dengan perilaku konsumen, dan strategi untuk praktik kreatif.
Modul
- Waktu Terapan
- Gerakan Terapan
- Teknik Ilustrasi Digital
- Persiapan Proyek Utama
- Konsep Singkat Klien
Semester 5
Pembicaraan ilustrasi dan diskusi informal akan berlangsung di semester 5 untuk menyelidiki studi konteks desain serta mengevaluasi dan menafsirkan taksonomi sinematografi secara kritis. Di akhir semester mereka, para siswa akan dengan bangga memamerkan keterampilan desain mereka dari Proyek Utama mereka dalam sebuah pameran publik. Ini akan menjadi kesempatan bagi mereka untuk bertemu dan mempresentasikan portofolio mereka kepada panel pakar industri.
Modul
- Desain dan Konteks
- Analisis Film Sinema
- Proyek besar
- Fundamental Pemasaran, Perilaku Konsumen, dan Praktik Kreatif
Semester 6
Siswa akan melakukan Magang / Pelatihan Industri untuk jangka waktu minimal 8 minggu untuk mempersiapkan mereka untuk kelancaran transisi dari ruang kelas ke lingkungan kerja.
Rute B: Mengarah ke animasi dan efek visual Pathway
Semester 4
Bersiaplah untuk mendapatkan pengalaman langsung yang berharga dan paparan proyek berbasis industri di semester keempat. Siswa akan dapat memilih modul Pathway mereka untuk lebih memperluas landasan mereka dalam spesialisasi teknis dan eksplorasi kreatif.
Siswa akan bereksperimen dengan konteks genre dan teori animasi lainnya serta metode pemahatan karakter tradisional. Alternatifnya, mereka dapat diperkenalkan ke pembuatan film digital untuk memahami alur kerja pengomposisian 2D dan untuk memajukan pengetahuan mereka dalam saluran produksi 3D.
Modul
- Waktu Terapan
- Gerakan Terapan
- Teknik Ilustrasi Digital
- Persiapan Proyek Utama
- Pengomposisian Digital dalam Film
- Konteks dan Budaya Animasi
Semester 5
Pembicaraan ilustrasi dan diskusi informal akan berlangsung di semester 5 untuk menyelidiki studi konteks desain serta mengevaluasi dan menafsirkan taksonomi sinematografi secara kritis. Di akhir semester mereka, para siswa akan dengan bangga memamerkan keterampilan desain mereka dari Proyek Utama mereka dalam sebuah pameran publik. Ini akan menjadi kesempatan bagi mereka untuk bertemu dan mempresentasikan portofolio mereka kepada panel pakar industri.
Modul
- Desain dan Konteks
- Analisis Film Sinema
- Proyek besar
- Maju 3D Pipeline
- Patung Karakter
Semester 6
Siswa akan melakukan Magang / Pelatihan Industri untuk jangka waktu minimal 8 minggu untuk mempersiapkan mereka untuk kelancaran transisi dari ruang kelas ke lingkungan kerja.
Rute C: Menuju desain industri Pathways
Semester 4
Bersiaplah untuk mendapatkan pengalaman langsung yang berharga dan paparan proyek berbasis industri di semester keempat. Siswa akan dapat memilih modul Pathway mereka untuk lebih memperluas landasan mereka dalam spesialisasi teknis dan eksplorasi kreatif.
Siswa akan mengalami sesi praktik langsung di bengkel khusus kami untuk memahami cara bekerja dengan alat dan bahan yang berbeda. Siswa juga akan dihadapkan pada keterampilan desain berbantuan komputer pemodelan yang solid seperti Solidworks atau Rhino.
Melengkapi proyek individu terakhir mereka, mereka juga akan mempelajari teknik-teknik penting untuk mengilustrasikan desain mereka secara digital dan menganimasikan dalam 2D dan 3D.
Modul
- Waktu Terapan
- Gerakan Terapan
- Teknik Ilustrasi Digital
- Persiapan Proyek Utama
- Proyek CAD
- Pemodelan Permukaan
Semester 5
Pembicaraan ilustrasi dan diskusi informal akan berlangsung di semester 5 untuk menyelidiki studi konteks desain serta mengevaluasi dan menafsirkan taksonomi sinematografi secara kritis. Di akhir semester mereka, mereka dengan bangga akan memamerkan keterampilan desain mereka dari Proyek Utama mereka di pameran publik. Ini akan menjadi kesempatan bagi mereka untuk bertemu dan mempresentasikan portofolio mereka kepada panel pakar industri.
Modul
- Desain dan Konteks
- Analisis Film Sinema
- Proyek besar
- Gaya Desain dan Substansi
Semester 6
Siswa akan melakukan Magang / Pelatihan Industri untuk jangka waktu minimal 8 minggu untuk mempersiapkan mereka untuk kelancaran transisi dari ruang kelas ke lingkungan kerja.
*Selain hal di atas, semua siswa juga diwajibkan untuk berhasil menyelesaikan modul Studi Umum sebagaimana ditetapkan oleh Badan Kualifikasi Malaysia, serta memenuhi persyaratan kredit untuk kegiatan Ko-kurikuler.
Catatan: Siswa yang mengikuti program ini berhak melanjutkan ke Tahun 2:
• BA (Hons) dalam Desain Industri • BA (Hons) dalam Efek Visual • BA (Hons) dalam Animasi • BA (Hons) dalam Periklanan Digital