Keystone logo
Jerman

Belajar Kursus Akademik di dalam Jerman 2024

Ubah mata uang

Biaya hidup bulanan dasar

  • Sewa di flat bersama

    507
  • Berbagi utilitas

    91
  • Berlangganan internet

    43
  • Transportasi lokal

    60

Contoh biaya gaya hidup

  • Kombo makanan cepat saji

    9
  • Tiket bioskop

    12
  • Pint bir lokal

    4

Persyaratan Visa

  1. Visa Kursus Bahasa (Visa untuk Pembelajaran Bahasa) – pilihan sempurna bagi mereka yang ingin belajar bahasa Jerman di Jerman.
  2. Student Applicant Visa (Visum Zur Studienbewerbung) – jika Anda ingin belajar di Jerman, tetapi masih mencari program yang tepat atau Anda masih belum mendapatkan surat konfirmasi dari Universitas Anda.
  3. Visa Pelajar (Visum Zu Studienzwecken) – jika Anda telah diterima di universitas Jerman.

Jenis Visa apa yang Anda butuhkan?

nama visa

Visa Kursus Bahasa; Visa Pemohon Pelajar; Visa Pelajar

Harga dan Mata Uang

EUR 60

Anda harus membayar €60 (~US$74) untuk visa pelajar Anda ke Jerman.

Siapa yang bisa mengajukan visa?

Untuk warga negara dari UE atau dari Islandia, Norwegia, Swiss, atau Liechtenstein, hanya perlu memiliki kartu identitas untuk masuk ke Jerman. Tidak perlu memiliki visa.

Warga negara dari Australia, Israel, Jepang, Kanada, Selandia Baru, Korea Selatan, dan Amerika Serikat dapat mengajukan visa bahkan setelah mereka tiba di Jerman.

Bagi warga negara dari negara lain, perlu mengajukan visa sebelum datang ke Jerman.

Jika tinggal kurang dari 90 hari di Jerman, peraturannya lebih banyak lagi. Warga negara dari negara tertentu dapat memasuki Jerman untuk kali ini tanpa visa. Ini adalah Venezuela, Kota Vatikan, Uruguay, Singapura, Seychelles, Paraguay, Panama, Nikaragua, Meksiko, Mauritius, Malaysia, Makau, Kroasia, Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, Chili, Brunei, Brasil, Bolivia, Bermuda, Barbados, Bahama , dan Argentina.

Kunjungi situs web Kantor Luar Negeri Federal Jerman untuk persyaratan visa terbaru untuk semua negara: https://www.auswaertiges-amt.de/en/einreiseundaufenthalt/visabestimmungen-node

Di mana Anda dapat membuat aplikasi?

kedutaan atau konsulat Jerman

Anda harus mengajukan permohonan visa dari kedutaan atau konsulat Jerman di negara asal Anda.

Situs web:

Bagaimana cara membuat aplikasinya?

Pertama, Anda perlu menjadwalkan janji temu untuk wawancara visa. Pada hari wawancara, Anda harus menawarkan dokumen aplikasi visa Anda.

Dokumen yang biasanya Anda butuhkan adalah:

  • Formulir aplikasi yang sudah diisi
  • Paspor yang sah
  • Dua foto
  • Surat yang menunjukkan bahwa Anda telah diterima di universitas Jerman
  • Transkrip catatan akademik
  • Sertifikat kemahiran bahasa Jerman atau bukti bahwa Anda berniat mengikuti kursus bahasa di Jerman (jika belajar di Jerman)
  • Bukti bahwa Anda memiliki dana yang cukup untuk menghidupi diri sendiri selama tinggal di Jerman (€8.700 per tahun, kira-kira ~US$9.390)
  • Sertifikat yang menunjukkan bahwa Anda telah membeli asuransi kesehatan
  • Pernyataan keaslian dokumen yang diserahkan

Bergantung pada kedutaan, Anda mungkin juga perlu menunjukkan bukti bahwa Anda tidak memiliki catatan kriminal.

Setiap orang perlu mendaftar ke otoritas pendaftaran lokal (Einwohnermeldeamt) pada minggu pertama kedatangan di Jerman. Anda harus membawa paspor/tanda pengenal nasional Anda (dan visa jika perlu), bukti alamat Anda di Jerman (mis. perjanjian sewa dari pemilik rumah Anda) dan mungkin sertifikat pendaftaran dari kursus Anda. Anda akan diberikan konfirmasi pendaftaran.

Kapan Anda harus melamar?

Pemeriksaan aplikasi visa biasanya memakan waktu sekitar 6 sampai 8 minggu untuk kursus bahasa. Namun, jika kursus bahasa lebih lama dari tiga bulan, waktu yang diperlukan untuk memproses aplikasi dapat diperpanjang hingga 8 hingga 10 minggu. Dan selama musim perjalanan puncak, aplikasi dapat dikirim di bawah masa tunggu. Oleh karena itu, siswa yang membutuhkan visa pelajar untuk Jerman harus menyerahkan aplikasi mereka jauh sebelumnya sebelum dimulainya kursus. Anda harus mendaftar sesegera mungkin, dan setidaknya tiga bulan sebelum Anda pindah ke negara tersebut.

Visa studi hanya berlaku selama kursus atau program. Izin tinggal biasanya dikeluarkan untuk satu tahun tetapi dapat diperpanjang.

Waktu memproses

8 Weeks

Kesempatan kerja

Warga negara UE/EEA dan Swiss dapat bekerja dengan bebas di Jerman tetapi tidak lebih dari 20 jam seminggu selama jangka waktu tertentu.

Warga negara EU/EEA/Swiss (sekarang termasuk Kroasia per Juli 2015) diizinkan untuk bekerja hingga 120 hari penuh atau 240 setengah hari dalam setahun (termasuk kerja sukarela) tanpa izin. Anda dapat bekerja lebih lama jika dipekerjakan oleh universitas sebagai mahasiswa atau asisten lulusan; untuk jenis pekerjaan lain, Anda memerlukan izin dari Agentur für Arbeit (Badan Tenaga Kerja Federal) dan Otoritas Orang Asing untuk melebihi batas 120/240. Studienkolleg dan mahasiswa bahasa memerlukan izin dari otoritas ini untuk mengambil pekerjaan apa pun. Siswa tidak bisa menjadi pekerja lepas atau wiraswasta.

Jam per minggu

20

Mengapa Anda membutuhkan jenis visa ini?

Ini adalah alasan utama mengapa aplikasi visa Anda untuk visa pelajar Jerman dapat ditolak:

  • Status keuangan yang buruk
  • Profil akademis yang buruk
  • Kurangnya persiapan untuk wawancara Anda
  • Tingkat bahasa tidak memadai (Jerman atau Inggris)
  • Ketidaksesuaian dengan pilihan program studi