Pengenalan
IkhtisarManajemen fungsi pengadaan itu sendiri - berbeda dengan manajemen oleh staf pengadaan kontraktor dan pemasok - dapat membuat perbedaan antara memiliki tim penyedia layanan internal yang murni administratif dan beroperasi di latar belakang, atau fungsi penting secara strategis yang dapat membantu membentuk kesuksesan perusahaan. Jika kepala pengadaan adalah manajer tingkat menengah, dia mungkin tidak memiliki telinga kepala eksekutif. Tetapi jika perusahaan memiliki Chief Procurement Officer di "C Suite", bekerja bersama rekan-rekannya dari bagian Keuangan, Operasi, dan Teknologi, maka wajar untuk menganggap pengadaan dipandang sebagai kunci untuk melaksanakan strategi perusahaan. Kursus ini melihat aspek pengadaan yang paling berpengaruh dan bernilai tambah.
Kursus ini juga membahas tiga bidang tanggung jawab penting bagi manajer kontrak: Pertama, masalah utama dalam mengelola kinerja kontraktor - proses pengukuran terhadap kiriman atau KPI untuk mencapai tujuan kontrak. Kedua, area negosiasi kontrak dan penyusunan kontrak yang kompleks - dua topik yang sering kali berjalan seiring. Ketiga, pertanyaan tentang apa yang terjadi jika terjadi kesalahan, yang mengarah ke klaim kompensasi, kerusakan, dan penghentian dini, serta sengketa yang mungkin terjadi.
Kursus ini mencakup kunjungan situs ke organisasi yang relevan dengan kursus sehingga para delegasi dapat mengembangkan pemahaman tentang bagaimana orang-orang sezaman mereka berfungsi di dunia nyata.
Kursus ini akan ditutup dengan ringkasan poin-poin pembelajaran utama, diikuti dengan latihan perencanaan tindakan dengan maksud untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh segera setelah Anda kembali bekerja. Dukungan pasca kursus juga tersedia terkait dengan implementasi rencana tindakan Anda, hingga enam (6) bulan setelah kursus selesai.
Jadwal acaraPengadaan dan Strategi BisnisJalur pengembangan pengadaan dari transaksional ke manajemen rantai nilai
Organisasi Pengadaan, struktur dan fungsi pekerjaanMengelola Risiko PengadaanRisiko apa yang harus dipertimbangkan pengadaan?
Sebuah proses untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menanggapi risiko prioritas
Risiko rantai pasokan penting - studi kasus
Bagaimana mengelola risiko yang menjadi kenyataanPengadaan - Pengukuran Kinerja dan Tata KelolaManfaat mengukur kinerja pengadaan
Menilai Efektivitas Pembelian dan Efisiensi Pembelian
KPI untuk mengukur kinerja
Sistem Informasi PengadaanKunjungan SitusKunjungan industri ke organisasi yang relevan.
Wawasan tentang kerja internal perusahaan.
Kesempatan untuk belajar melalui interaksi dengan praktisi profesional.Mengelola Hubungan KontraktualDasar-dasar Hukum Kontrak
Jenis Kontrak
Risiko kontrakMengelola Keuangan KontrakAnalisis Biaya & Harga
Obligasi, Jaminan dan jaminan
Mengelola pembayaran
Mengelola klaimMengelola Kontrak dalam Dunia DinamisMengelola kewajiban kontraktual dan ganti rugi
Mengelola variasi kontrak
Dokumentasi kontrak
Administrasi kontrakKunjungan SitusKunjungan industri ke organisasi yang relevan.
Wawasan tentang kerja internal perusahaan.
Kesempatan untuk belajar melalui interaksi dengan praktisi profesional.Ulasan kursusRingkasan dan rekap tujuan pembelajaran utama
Perencanaan TindakanTarget PemirsaKursus ini cocok untuk:Petugas Pengadaan, analis dan manajer.
Insinyur dan analis kontrak.
Quantity Surveyor
Penasihat komersial
Anggota tim pengadaan
Manajer umum
Eksekutif yang bertugas mengelola kontrak.
Administrator Kontrak
Siapapun yang ingin memiliki pemahaman dan keterlibatan yang baik dalam aktivitas pembelian.
Penasihat hukum internal
Sekretaris Perusahaan
Siapapun yang ingin memiliki pemahaman yang baik dan mengembangkan kemampuan untuk menerapkan syarat dan ketentuan kontrak.Hasil pembelajaranSetelah menyelesaikan kursus ini, Anda akan memahami:Nilai yang dapat diberikan Procurement untuk mewujudkan strategi perusahaan.
Bagaimana menyusun fungsi pengadaan, untuk membuat perbedaan terbesar di dalam organisasi.
Bagaimana menerapkan keterampilan yang diperoleh dalam aktivitas pengadaan penting, seperti analisis rantai nilai, manajemen portofolio pembelian, dan manajemen kategori.
Teknik dalam melakukan benchmarking kinerja tim pengadaan.
Cara membuat dan mengelola hubungan dengan kontraktor, dengan perjanjian yang dapat diberlakukan secara hukum.
Harga dan biaya yang mendukung harga, dan model penetapan harga berbeda yang digunakan kontraktor.
Keamanan kontrak, termasuk obligasi dan jaminan.
Mengelola kontrak secara dinamis, termasuk mengubah perjanjian dan membuat dokumentasi kontrak yang sesuai.
Bagaimana mendapatkan kinerja yang Anda butuhkan dari kontrak dan kontraktor Anda.
Bagaimana mendapatkan kontrak melalui proses negosiasi yang baik dan penyusunan yang baik.
Apa yang harus dilakukan jika terjadi kesalahan, terjadi pelanggaran kontrak atau timbul perselisihan.
Apa yang harus dicari terkait dengan aspek kontrak yang berkelanjutan, sosial dan lingkungan.
Perspektif praktis ke dalam praktik kerja kontemporer di bidang Anda.
Bagaimana menerapkan Rencana Tindakan di tempat kerja Anda menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui kursus.