Kursus: Program Penjualan dan Pemasaran

Umum

Deskripsi Program

PROGRAM PENJUALAN DAN PEMASARAN

Agar berhasil dan berkembang dalam pasar yang sangat kompetitif, perusahaan perlu mengembangkan rencana pemasaran yang menyelaraskan mereka dengan pelanggan mereka dan membedakan mereka dari pesaing mereka. Lebih mudah dari sebelumnya untuk menjangkau pelanggan yang ditargetkan, tetapi banyak pemasar tidak memiliki kemampuan untuk menciptakan merek yang menarik dan praktik inovatif dengan hasil yang berarti. Untuk mewujudkan janji keuntungan, para pemimpin pemasaran harus mengklaim saham mereka di pasar yang kompetitif penuh dengan merek, tetap melacak tujuan bisnis mereka dan memberikan manfaat yang berarti bagi konsumennya.

Program ini akan membantu para peserta mengeksplorasi konsep-konsep utama dan alat-alat manajemen pemasaran kontemporer, dari segmentasi pasar dan positioning produk untuk desain saluran distribusi dan strategi komunikasi. Program ini akan memberi penerangan kepada para peserta dan membantu mereka menganalisa dan memahami pasar yang digerakkan oleh pelanggan dan kebutuhan mereka, memahami kekuatan dan kelemahan pesaing mereka, mempertajam kemampuan mereka untuk mengidentifikasi konsumen nilai-nilai yang benar dan menyoroti manfaat di pasar yang semakin kompleks.

Dampak Pribadi

  • Memahami konsep inti Pemasaran
  • Pengalaman langsung menggunakan metrik pemasaran untuk menginterpretasikan perilaku konsumen dan menyesuaikan strategi yang sesuai
  • Mereka akan belajar teknik-teknik luar biasa untuk menarik pelanggan yang tepat dan memelihara hubungan tersebut
  • Memahami pengembangan dan implementasi program pemasaran
  • Identifikasi pergeseran dalam konteks bisnis, regulasi, dan budaya
  • Memahami peran mereka dalam rencana pemasaran strategis yang terintegrasi sepenuhnya

Metodologi Pelatihan

Seri Masterclass Pemasaran GBNTC menawarkan peserta tangga, pendakian yang meningkatkan pengetahuan seseorang dari satu kursus ke kursus berikutnya. Setiap Masterclass terdiri dari: kuliah singkat, studi kasus, latihan praktis, diskusi kelompok, berbagi pengetahuan dengan rekan-rekan industri dan pengalaman nyata yang langsung melekat pada peran dan fungsi peserta akan melayani di organisasi masing-masing. Alat-alat pendidikan yang digunakan dalam mengembangkan sesi ini berakar pada praktik terbaik; GBNTC akan menggunakan survei suara CEO yang sebenarnya, analisis dampak industri dan observasi pasar. Sesi menantang peserta, praktis dan mudah dimengerti dan dapat disampaikan dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Garis Besar Program

Membawa Nilai Kehidupan Pelanggan ke Hidup: Metode Praktis dan Aplikasi (2 Hari)

Nilai umur pelanggan adalah prediksi semua nilai bisnis yang akan berasal dari hubungan mereka dengan pelanggan. Manajemen hubungan pelanggan yang berhasil tidak mewakili satu transaksi tetapi hubungan yang jauh lebih berharga daripada pertukaran satu kali. Perusahaan perlu menentukan pelanggan mana yang lebih berharga dan berapa lama mereka perlu mempertahankan pelanggan sebelum mereka menjadi menguntungkan. Masterclass ini akan memperkenalkan para peserta dengan konsep dan teknik kritis yang diperlukan untuk membuat pernyataan yang bermakna dan akurat tentang CLV dalam berbagai pengaturan manajerial. Mereka akan dilengkapi dengan keterampilan untuk mengembangkan model mereka sendiri dan dapat memproyeksikan retensi pelanggan dan menelusuri untuk memahami jenis pelanggan tertentu dengan mengajukan pertanyaan yang tepat kepada mereka.

Evolusi Merek: Membangun, Memantau, dan Menggunakan Ekuitas Merek (2 Hari)

Membangun merek yang kuat dengan ekuitas yang signifikan dipandang sebagai penyediaan tuan rumah bagi manfaat yang mungkin bagi perusahaan, termasuk loyalitas pelanggan yang lebih besar dan lebih sedikit kerentanan terhadap tindakan pemasaran yang kompetitif telah terbukti memberikan banyak imbalan keuangan kepada perusahaan. Dalam pemasaran kontemporer, ekuitas merek telah muncul sebagai aset strategis utama yang perlu dipantau dan dipelihara untuk kinerja jangka panjang yang maksimum. Ekuitas merek yang lebih tinggi dapat membantu merek menjadi lebih menguntungkan melalui loyalitas merek yang lebih tinggi, harga premium, elastisitas harga yang lebih rendah, rasio iklan-ke-penjualan yang lebih rendah, dan leverage perdagangan. Masterclass ini akan membantu mengevaluasi kegunaan ekuitas merek untuk suatu produk dan para peserta akan dapat mengevaluasi dan menafsirkan data yang dikumpulkan dari lapangan untuk melacak kesehatan suatu merek. Mereka akan dapat mengembangkan model-model ekuitas merek dan belajar perspektif yang unik tentang apa itu ekuitas merek dan bagaimana merek itu sebaiknya dibangun, diukur dan dikelola dalam suatu organisasi.

Pemasaran Berbasis-Pelanggan (2 Hari)

Mendapatkan produk dan layanan yang tepat ke pasar sangat penting untuk keberhasilan suatu organisasi. Bisnis menghadapi tekanan kuat melalui pasar persaingan yang kuat baik domestik maupun internasional, dan percepatan perubahan di pasar. Untuk mengatasi faktor-faktor pemasar ini harus memerlukan alat-alat baru, teknik dan kerangka teoritis untuk mendapatkan pemahaman tentang pelanggan mereka. Masterclass ini akan membantu mencapai pemahaman mendalam tentang konsep pemasaran inti untuk mengidentifikasi elemen penting dari rencana pemasaran yang kuat dan membangun pendekatan disiplin untuk menganalisis situasi pemasaran dengan menerapkan prinsip-prinsip utama. Pada akhir kelas ini, peserta akan dapat mengenali nilai merek mereka dan belajar bagaimana meningkatkan nilai dengan menggunakan teknik yang dipelajari dalam Masterclass ini.

Manajemen Saluran Distribusi: Menjembatani Kesenjangan Penjualan dan Pemasaran (2 Hari)

Ada kesenjangan antara penjualan dan pemasaran, dan para manajer mencoba menjembatani kesenjangan komunikasi antara kedua departemen ini. Tetapi itu selalu berhasil dan apakah solusi telah mengarah pada keberhasilan menjalankan organisasi adalah sebuah pertanyaan untuk ikut campur secara detail. Tanpa strategi distribusi yang dirancang dan dikelola dengan baik, produk perusahaan dan upaya pemasaran dapat menghadapi gangguan naik turun saluran. Perusahaan perlu mengembangkan dan mempertahankan hubungan antara pemasaran dan penjualan untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Masterclass ini dengan menggunakan kerangka kerja yang telah terbukti akan membantu perusahaan mensinergikan upaya pemasaran dan penjualan mereka. Para peserta akan dapat mengembangkan keterampilan analitis melalui studi kasus interaktif, belajar metodologi baru dan alat untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan saluran. Pada akhir kelas ini, mereka akan dapat mengidentifikasi kesenjangan saluran dan menerapkan strategi yang efektif dalam organisasi mereka untuk menutup kesenjangan ini dan menyelaraskannya dengan tujuan perusahaan.

Memimpin Tenaga Penjualan yang Efektif (2 Hari)

Pertumbuhan organisasi dan sumber umpan balik pasar bergantung pada kekuatan penjualan yang efektif. Tenaga penjualan adalah mesin pertumbuhan utama untuk setiap organisasi dan oleh karena itu setiap investasi dalam tenaga penjualan harus diperhitungkan. Ini adalah investasi yang substansial tetapi dapat dengan cepat tumbuh di luar kendali sehingga keseimbangan perlu dipertahankan antara mengendalikan biaya dan merangsang tenaga kerja secara bersamaan di dalam organisasi. Masterclass ini akan memperkenalkan alat-alat praktis, konsep-konsep baru dan model penjualan yang efektif yang akan membantu para peserta untuk memangkas biaya secara efektif dan meningkatkan penjualan dengan cepat. Mereka akan belajar untuk menetapkan cara-cara baru untuk memotivasi dan mengkompensasi tim penjualan mereka serta trik dan perdagangan untuk mengelola tenaga penjualan yang dinamis dalam menghadapi peningkatan produk, konsumen, dan kompleksitas pasar.

Dinamika Negosiasi (2 Hari)

Negosiasi yang berhasil membutuhkan kesepakatan dan kolaborasi dengan pihak lain. Karena sulit untuk memiliki pandangan dan persepsi yang sama tentang suatu situasi, keterampilan profesional seorang negosiator diperlukan untuk menangani situasi dalam suatu organisasi. Negosiasi adalah praktik sehari-hari dalam organisasi bisnis, tetapi negosiasi yang sukses membutuhkan kesadaran diri, persiapan, dan praktik untuk mengatasi situasi sehari-hari dengan klien, mitra, rekan kerja, dan karyawan. Masterclass ini bertujuan untuk meningkatkan keuntungan pribadi dalam negosiasi sambil secara bersamaan mempertahankan hubungan penting dalam organisasi. Melalui latihan interaktif, para peserta akan belajar membangun basis negosiasi yang lebih kuat dan membantu meningkatkan hasil kesepakatan. Mereka akan dapat mengembangkan alat dan kerangka analisis untuk memahami dan menang dalam negosiasi yang lebih canggih. Kelas akan menyediakan dengan pengalaman langsung dan membantu memperkuat titik lemah, dan mereka akan kembali dengan pendekatan yang lebih kuat dan lebih canggih untuk mengatasi situasi.

Strategi dan Taktik Harga (2 Hari)

Strategi penetapan harga yang tidak terkoordinasi dapat berdampak negatif pada perusahaan, produk dan portofolionya. Penetapan harga menghadirkan manajer dengan salah satu tuas mereka yang paling kuat untuk memaksimalkan laba. Namun, para manajer tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang bagaimana meningkatkan praktik penentuan harga mereka dan bagaimana menerapkan pengetahuan tersebut ke pengaturan produk baru mereka. Masterclass ini akan mendidik peserta tentang bagaimana mencapai tujuan strategis melalui penggunaan harga, menanggapi persaingan harga yang signifikan dan menerapkan taktik untuk mencapai nilai sebenarnya dari produk mereka. Setelah menghadiri kelas ini, para peserta akan dapat menggunakan harga secara strategis untuk memandu bisnis mereka ke profitabilitas jangka panjang, memahami kerangka kerja yang mendukung serangkaian strategi penetapan harga dan rencana yang sesuai dengan strategi harga yang relevan untuk produk.

Nilai Strategis Hubungan Pelanggan (2 Hari)

Tidak selalu diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan dengan mengembangkan produk atau layanan baru, tetapi pertumbuhan dapat ditemukan dengan menjual lebih baik kepada pelanggan yang ada dengan kecenderungan perilaku yang sama. Kemampuan untuk memberikan nilai superior kepada pelanggan adalah wajib ketika mencoba untuk membangun dan mempertahankan hubungan pelanggan jangka panjang. Untuk itu bisnis perlu menyadari dan mengidentifikasi pelanggan mereka yang paling berharga dan memaksimalkan nilainya dengan membedakan antara pelanggan terbaik mereka dan mengembangkan strategi customer-centric. Masterclass ini akan membantu para peserta untuk memperoleh wawasan berharga tentang bagaimana membuat keputusan dan kapan berinvestasi dalam sentrisitas pelanggan dan mengembangkan proses untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mereka yang paling berharga.

Komunikasi Pemasaran Strategis dalam Media Dunia Hari Ini (2 Hari)

Komunikasi pemasaran adalah alat yang mengisahkan cerita dan memastikan bahwa pesan yang tepat disampaikan kepada khalayak yang tepat. Informasi yang mengomunikasikan dan bersirkulasi telah menjadi semakin penting untuk menciptakan pasar terbaik untuk produk. Organisasi perlu memahami bagaimana pemasaran berkembang dan bagaimana beradaptasi dengan perubahan baru ini dan membuat kerangka kerja untuk mengembangkan rencana pemasaran yang kuat untuk komunikasi. Dengan kata lain, para pemimpin perlu berpikir secara berbeda tentang komunikasi pemasaran mereka agar berhasil di pasar saat ini. Masterclass ini menggabungkan keterampilan dasar serta alat yang muncul seperti pendekatan keterlibatan digital dan konsumen, yang akan membantu mereka untuk bekerja dalam arah yang benar dalam hal perencanaan strategis untuk pelaksanaan taktis dari rencana komunikasi pemasaran mereka. Para peserta di akhir Masterclass ini akan memperoleh alat untuk mengevaluasi dengan baik keberhasilan kampanye pemasaran dan juga dapat merangkul dan mencari perubahan dalam komunikasi pemasaran mereka.

Segmentasi dan Penargetan (2 Hari)

Hari ini, Segmentasi, Penargetan, dan Pemosisian adalah pendekatan strategis yang sudah dikenal dalam Pemasaran Modern. Ini adalah salah satu model pemasaran yang paling umum diterapkan dalam praktiknya. Model ini berguna saat membuat rencana komunikasi pemasaran karena membantu menjangkau dan menyampaikan pesan yang dipersonalisasi untuk terlibat dengan segmen pasar yang berbeda. Telah diamati bahwa di balik setiap kampanye pemasaran yang sukses ada segmentasi yang hati-hati dan aktivitas penargetan yang terlibat. Identifikasi pelanggan potensial ini memungkinkan optimalisasi biaya dan meningkatkan keuntungan penjualan dan membantu memperoleh keunggulan kompetitif yang menentukan atas persaingan. Tetapi agar perusahaan memiliki manajer yang sukses, mereka perlu memahami dan menggunakan teknik paling modern yang diperlukan untuk memasarkan produk mereka. Masterclass ini dirancang dengan tujuan menyediakan pendekatan konseptual dan metode operasional yang sangat baik, untuk memungkinkan para peserta untuk secara akurat dan efektif mengelola kegiatan pemasaran strategis ini. Mereka akan menganalisis kriteria segmentasi, evaluasi segmen dan metode pemilihan target bersama dengan sistem diferensiasi dan positioning yang mampu menghasilkan keunggulan kompetitif yang langgeng.

Organisasi Fokus Pasar: Menciptakan dan Menyampaikan Pengalaman Pelanggan (2 Hari)

Menempatkan pelanggan di jantung organisasi bisnis Anda memberikan keunggulan kompetitif yang sulit dikalahkan. Organisasi yang berfokus pada pelanggan mereka cenderung mengungguli pesaing mereka dengan secara hati-hati mensegmentasikan pelanggan mereka, dan memberikan mereka pengalaman pelanggan yang luar biasa melalui penawaran nilai. Telah diamati bahwa tidak semua organisasi berfokus pada pasar dan tidak akrab dengan teknik yang tepat untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik. Oleh karena itu, Masterclass ini akan membantu memahami isu-isu yang terlibat dalam memimpin perubahan ke fokus pelanggan, dan memungkinkan para peserta untuk menemukan, menciptakan, dan memberikan nilai nyata kepada pelanggan melalui strategi komprehensif yang menyelaraskan semua departemen dalam suatu organisasi.

Proposisi Nilai Pemasaran (2 Hari)

Dalam proposisi nilai bahasa sederhana dapat didefinisikan sebagai pernyataan bisnis atau pemasaran yang merangkum mengapa konsumen harus membeli produk atau menggunakan layanan. Proposisi nilai adalah alasan mengapa prospek yang ideal harus membeli dari merek tertentu daripada pesaingnya. Oleh karena itu pemahaman yang jelas tentang proposisi nilai adalah suatu keharusan untuk bisnis untuk membantu mereka memperkuat penjualan mereka dan melihat kesenjangan yang gagal yang saat ini membuat mereka kehilangan pelanggan. Masterclass ini membantu mendefinisikan dengan jelas dan mengidentifikasi proposisi nilai. Para peserta akan dapat mengukur dan mengevaluasi efektivitas proposisi baik secara internal maupun eksternal. Setelah kelas ini, peserta akan dapat memperkenalkan proposisi nilai mereka ke semua teknik pemasaran mereka untuk kelangsungan dan konsistensi bisnis mereka.

Siapa yang harus hadir

Program ini cocok untuk:

  • Manajer Merek
  • Manajer Intelijen Bisnis
  • Pengembangan Bisnis Direksi
  • Direktur Operasi
  • Analis Keuangan
  • Manajer Umum
  • Manajer Pemasaran Senior
  • Direktur Pemasaran
  • Manajer Pemasaran dan Penjualan
  • Eksekutif lain yang tertarik untuk meningkatkan pengetahuan pemasaran mereka
Terakhir diperbarui Jun 2018

Tentang Sekolah

Established in 1993, the Gulf Business Network Group (GBN) has developed into one of the largest business networks in the Gulf region, offering value-added professional consultancy and specialized tec ... Baca terus

Established in 1993, the Gulf Business Network Group (GBN) has developed into one of the largest business networks in the Gulf region, offering value-added professional consultancy and specialized technical services in the ever-expanding fields of Water Treatment, Plant Automation and Environment. Baca Lebih Sedikit