Kursus: Program Manajemen Rantai Pasokan

GBN Training Centre

Deskripsi Program

Baca Keterangan Resminya

Kursus: Program Manajemen Rantai Pasokan

GBN Training Centre

PROGRAM MANAJEMEN RANTAI PASOKAN

Pengetahuan tentang Supply Chain Management sangat penting. Manajemen Rantai Pasokan sebenarnya adalah integrasi dari kegiatan yang memperoleh bahan dan jasa, mengubahnya menjadi barang setengah jadi dan produk akhir, dan mengantarkan mereka melalui sistem distribusi. Manajemen Rantai Pasokan (SCM) adalah, oleh karena itu, elemen penting untuk efisiensi operasional dan profesional bisnis yang ingin membuat dampak yang signifikan terhadap efisiensi, efektivitas atau profitabilitas organisasi mereka. Mereka harus mempertimbangkan belajar tentang manajemen rantai pasokan dan nilainya bagi perusahaan yang beroperasi di pasar global yang kompetitif. Program ini dimaksudkan untuk memberikan para peserta dengan pemahaman yang baik dengan memperkenalkan mereka ke berbagai aspek penting yang menyoroti logistik dan manajemen rantai pasokan.

Dampak Pribadi

  • Para peserta akan dapat menjelajahi strategi pembelian, produksi dan distribusi untuk lingkungan global
  • Membedakan hubungan pasokan yang berkembang dari panjang lengan ke Usaha Patungan dan menjelaskan peran potensial koordinasi dan kolaborasi
  • Pemahaman konseptual dan kesadaran kritis model suplai rantai keberlanjutan yang muncul pada logistik terbalik
  • Membedakan karakteristik yang berbeda dari rantai pasokan tangkas, mengidentifikasi kondisi awal ke kelincahan dan mengusulkan kemampuan dan praktik, untuk meningkatkan kelincahan rantai pasokan.
  • Temukan alat untuk menyesuaikan prosedur inti yang menghasilkan pencapaian kecemerlangan operasional
  • Evaluasi alternatif untuk otomatisasi proses pengadaan melalui teknologi yang tersedia
  • Beradaptasi nilai sebagai prinsip untuk memberikan kinerja manajerial yang unggul dengan dampak bisnis yang signifikan
  • Memahami struktur untuk mengawasi bahaya dan membuka pintu untuk administrasi jaringan produksi yang layak pada skala dunia.

Metodologi Pelatihan

GBNTC menawarkan serangkaian Masterclasses yang bersama-sama menyelesaikan program. Setiap Masterclass terdiri dari kuliah singkat, studi kasus, latihan praktis, diskusi kelompok, jaringan dengan rekan-rekan industri dan pengalaman di luar pemahaman. Alat-alat instruksional yang digunakan dalam mengembangkan sesi ini adalah praktik terbaik industri terbaru, survei suara CEO, analisis dampak industri dan observasi pasar. Sesi yang menantang dan praktis, mereka menawarkan pengetahuan yang terintegrasi dengan teknologi terbaru di mana pun berlaku.

Garis Besar Program

Teknik Analitik untuk Rantai Suplai (2 hari)

Keputusan manajerial dalam logistik dan manajemen rantai pasokan sangat didasarkan pada analisis kuantitatif menggunakan model dari disiplin ilmu manajemen. Data, model dan perangkat lunak yang tersedia telah secara dramatis mengubah operasi di sektor manufaktur, jasa dan logistik. Masterclass ini bertujuan untuk memberikan peserta dengan pengantar peran dan relevansi teknik analitik dalam logistik dan manajemen rantai pasokan. Dari grafik sederhana hingga model pengoptimalan yang dapat diterima dan dapat diperdebatkan, ini menawarkan keterampilan yang dapat ditransfer untuk menggunakan teknik terkait untuk praktik disiplin ini. Peserta akan mengembangkan kemampuan untuk memodelkan dan memecahkan masalah keputusan yang realistis dalam konteks logistik dan manajemen rantai pasokan. Proses ini akan difasilitasi oleh paket perangkat lunak berbasis spreadsheet di mana para peserta akan memiliki kesempatan untuk membangun model spreadsheet mereka sendiri dengan penekanan pada penerapan metode dan interpretasi output yang tepat.

Akuntansi

Tujuan dari Akuntansi dan Keuangan untuk manajemen Rantai Pasokan (ACF) masterclass, adalah untuk memperkenalkan sejumlah pendekatan akuntansi tradisional dan kontemporer yang akan meningkatkan visibilitas informasi keuangan, memungkinkan manajer rantai pasokan untuk membuat keputusan, yang meningkatkan nilai untuk organisasi mereka. Masterclass akan memungkinkan para peserta untuk mengidentifikasi konsep-konsep kunci yang mendukung perhitungan akuntansi; membedakan antara lima jenis akun yang berbeda: pendapatan, pengeluaran, aset, modal dan kewajiban; menjelaskan peran penyusutan dan dampaknya terhadap bisnis; membangun dan kemudian mendekonstruksi Persamaan Akuntansi; menyiapkan akun untung dan rugi; membangun neraca; menyiapkan perkiraan arus kas; mengidentifikasi hubungan antara laporan keuangan utama; mengidentifikasi rasio keuangan utama yang digunakan dalam bisnis; menerapkan rasio keuangan untuk mengevaluasi kinerja keuangan; mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan menggunakan rasio keuangan; mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi perhitungan ROCE; menghitung kas untuk siklus kas; mengidentifikasi penggerak nilai pemegang saham; menjelaskan bagaimana penghitungan EVA diturunkan; mengidentifikasi dampak keputusan SCM pada laporan keuangan organisasi; menggambarkan perbedaan antara biaya tetap dan variabel; menerapkan teknik biaya marginal untuk menyelesaikan berbagai masalah bisnis; mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan menggunakan biaya marjinal; mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan menggunakan biaya berdasarkan aktivitas untuk mengelola kegiatan rantai suplai; menghitung variasi tenaga kerja dan material; mengidentifikasi alasan untuk variasi biaya; menjelaskan cara mengukur profitabilitas pelanggan; menyelaraskan strategi departemen yang akan meningkatkan profitabilitas pelanggan; mengidentifikasi hubungan antara profitabilitas pelanggan dan profitabilitas produk dan menggambarkan bagaimana organisasi dapat mengelola profitabilitas pelanggan dari waktu ke waktu.

Transportasi Barang (2 hari)

Unsur masterclass Angkutan Pengangkutan memberikan landasan yang kuat dalam transportasi darat, kereta api, udara dan laut. Fokusnya terutama pada perspektif pengguna untuk memberikan sudut pandang manajemen rantai pasokan dan logistik. Namun, dalam angkutan jalan, modul ini juga mencakup manajemen armada dan aspek operasional yang lebih rinci, yang mengakui bahwa banyak organisasi mengoperasikan armada transportasi darat mereka sendiri tetapi juga mencerminkan pentingnya angkutan jalan sebagai mode angkutan darat utama di sebagian besar geografi untuk lalu lintas nasional. Masterclass akan memungkinkan peserta untuk mengkategorikan dan membahas secara kritis atribut model, masalah operasional dan struktur pasar untuk berbagai moda transportasi. Bangun dan terapkan model biaya angkut angkutan dan nilai tukar biaya / layanan yang melekat pada solusi transportasi yang diusulkan. Ini akan membantu kemudian mengenali dan menghitung dampak waktu timbal / transit pada keseluruhan efisiensi dan efektivitas rantai suplai. Perkirakan titik impas antar mode di mana jarak adalah faktor penentu dan pilih antara moda transportasi yang berbeda dan gabungkan dengan elemen lain untuk membentuk rantai suplai yang efisien dan efektif.

Inventaris

Masterclass ini bertujuan untuk memberikan para peserta dengan pemahaman tentang peran Operasi dalam konteks keseluruhan Supply Chain Management dan akan memungkinkan mereka untuk menganalisis dan merancang operasi rantai pasokan yang efektif dengan tujuan akhir untuk meningkatkan kecocokan antara permintaan dan penawaran. Ini akan membantu peserta memahami peran operasi manufaktur dalam Rantai Pasokan. Identifikasi berbagai jenis kompleksitas dalam operasi manufaktur sebagai konsekuensi dari berbagai produk yang tinggi dan cara-cara menangani kompleksitas manufaktur.

Sistem Informasi dan E-Bisnis (2 hari)

Masterclass menyoroti nilai informasi dan peran sistem informasi (IS) untuk manajemen rantai pasokan. Ini akan membantu mengekspos peluang yang disediakan untuk operasi manajemen rantai pasokan perusahaan dengan menerapkan sistem informasi, dan juga tantangan yang akan mereka hadapi ketika menerapkan sistem informasi. Tema sentral yang dibahas adalah peran sistem informasi dalam e-bisnis dan dampak e-bisnis pada manajemen rantai pasokan perusahaan. Ini akan memungkinkan para peserta untuk memahami nilai informasi untuk mengelola rantai pasokan dan pentingnya mengelola informasi termasuk kualitas informasi dan pembagian data, mengenali sistem informasi yang tepat yang diperlukan untuk mendukung berbagai fungsi yang berkaitan dengan pengelolaan rantai pasokan perusahaan, mengidentifikasi peluang potensial disediakan dengan menerapkan sistem informasi baru untuk mendukung operasi rantai pasokan internal dan organisasi eksternal perusahaan dan menentukan rencana implementasi untuk sistem informasi internal dan eksternal-organisasi.

Logistik Outsourcing (2 hari)

Aliran logistik telah berkembang pesat selama sepuluh tahun terakhir. Penyedia 3PL (Pihak Ketiga Logistik) telah menjadi bagian dari industri yang sangat kompetitif dan dinamis. Tujuan keseluruhan dari masterclass ini adalah untuk membawa peserta melalui berbagai aspek terkait dengan memilih (tender) dan bekerja dengan kontraktor logistik pihak ketiga. Aspek tambahan, yang meliputi pengembangan model bisnis outsourcing logistik baru (Fourth Party Logistics- 4PL), juga akan dibahas. Masterclass ini akan memungkinkan para peserta untuk menggambarkan keuntungan dan kerugian relatif dari operasi logistik outsourcing, menerapkan kerangka tender untuk proses outsourcing logistik dan untuk membangun alat evaluasi tender. Ini juga mengembangkan indikator kinerja utama yang berarti dan menjelaskan peran mereka dalam manajemen kontrak yang sedang berjalan dan menerapkan jenis kontrak yang berbeda sehubungan dengan outsourcing 3PL dan model bisnis baru yang muncul.

Data Master dan Standar Data dalam Rantai Suplai (2 hari)

Untuk membuat keputusan yang efektif, data akurat diperlukan. Kesalahan dengan data dapat membebani organisasi dengan jumlah uang yang besar, mendorong pelanggan, dan membuat penerapan strategi baru menjadi sulit atau tidak mungkin. Memang, keberadaan organisasi dapat terancam oleh kualitas informasi yang buruk. Data Master adalah sangat penting dalam rantai pasokan karena secara akurat menggambarkan setiap item yang melewati rantai pasokan, termasuk; data dimensi, berat, jumlah barang per bungkus dll. Kesalahan dalam informasi ini dapat mengakibatkan penggunaan kendaraan yang buruk atau biaya yang mahal. Standar dalam rantai pasokan juga sangat penting untuk memastikan bahwa semua pihak “berbicara dalam bahasa yang sama”, sehingga memungkinkan komunikasi informasi yang cepat dan jelas, sehingga menghasilkan manajemen rantai pasokan yang efektif. Tujuan dari masterclass ini adalah untuk memperkenalkan peserta kepada standar rantai suplai umum dan metode pengelolaan data rantai suplai. Ini juga memberi peserta pemahaman yang baik tentang teknologi dan pendekatan yang digunakan dalam rantai pasokan untuk meningkatkan efektivitas manajemen data.

Negosiasi dan Manajemen Kontrak (2 hari)

Tujuan dari masterclass ini adalah ganda, pertama-tama bertujuan untuk membantu peserta mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan mereka dalam mengelola negosiasi, ini melibatkan pemahaman prinsip negosiasi, mendapatkan kesempatan untuk mempraktikkannya dan mendapatkan umpan balik atas kinerja mereka. Kedua, Masterclass bertujuan untuk memberikan peserta pemahaman tentang bagaimana mengelola hubungan kontraktual sepanjang siklus hidup mereka, dari negosiasi hingga pemutusan kontrak. Ini akan membantu para peserta mengidentifikasi dan mengevaluasi proses dan pendekatan untuk negosiasi. Secara efektif mempersiapkan mereka untuk mengambil bagian dalam negosiasi dan memungkinkan mereka untuk menunjukkan pemahaman tentang bagaimana mengelola kontrak.

Pengukuran Kinerja (2 hari)

Pengukuran kinerja dan manajemen (PMM) telah menjadi agenda akademisi dan praktisi baik di sektor swasta maupun publik selama beberapa dekade. Namun, meskipun sumber daya substansial diinvestasikan dalam PMM oleh organisasi, penelitian menunjukkan bahwa prakarsa terkait PMM, seperti penerapan kartu skor atau penerapan prosedur PM, sering kali gagal untuk membawa manfaat yang dimaksudkan. Selain itu, kadang-kadang mereka menjadi negatif tentang kinerja organisasi. Jika organisasi ingin mewujudkan nilai dan menjadi lebih berkelanjutan dalam jangka panjang, penting untuk memahami bagaimana pengukuran kinerja dan praktik manajemen memberikan kinerja yang lebih baik. Bahkan lebih, ketika beberapa organisasi yang saling berhubungan membentuk bagian dari jaringan suplai, tugas pengukuran sangat rumit. Apakah pengukuran kinerja dalam jaringan suplai layak mendapat perlakuan khusus? Apakah prinsip-prinsip umum manajemen kinerja organisasi masih berlaku? Ini adalah beberapa pertanyaan yang akan dibahas oleh masterclass ini. Kelas master ini akan fokus pada jenis dan struktur sistem pengukuran kinerja seperti Balanced Scorecard dan Prisma Kinerja dan pada desain peta strategi dan keberhasilan yang tepat, target kinerja, dan indikator.

Prinsip Pengadaan Strategis (2 hari)

Kelas master akan mengeksplorasi subjek pengadaan dan pasokan dalam konteks industri dan komersial, menjelaskan peran dan tujuannya dalam rantai pasokan. Para peserta akan belajar bagaimana pengadaan telah berkembang, keterampilan dan informasi yang dibutuhkan oleh para profesional pengadaan, teori akademis dan pengetahuan yang terkumpul pada area subyek dan penggunaan alat dan teknik khusus yang digunakan dalam mengelola fungsi pengadaan. Selain itu, kami akan mengeksplorasi dan menggunakan beberapa teknologi yang baru-baru ini muncul dalam e-procurement yang dirancang untuk meningkatkan proses dan manajemen biaya. Masterclass ini akan memungkinkan para peserta untuk memahami tujuan dari fungsi pengadaan dan perannya dalam organisasi. Para peserta akan dapat menggambarkan dan menganalisis isu-isu strategis dan taktis dalam manajemen pengadaan dan akan dapat membahas proses yang terlibat dalam pengadaan yang menjelaskan peran dan manfaat dari aplikasi berbasis web yang digunakan dalam operasi pengadaan dan pasokan.

Logistik Ritel (2 hari)

Selama beberapa dekade terakhir, pengecer telah meningkatkan kekuatan mereka dalam rantai pasokan menjadi anggota rantai kunci dan mendominasi berbagai kegiatan logistik. Analisis rinci kegiatan logistik pengecer akan mengekspos dan menganalisis masalah ini. Dengan demikian, tujuan dari masterclass ini adalah dual, pertama-tama bertujuan untuk memberikan gambaran tentang luasnya operasi Logistik Ritel di organisasi ritel modern, ini melibatkan peningkatan kesadaran dan pemahaman tentang isu-isu strategis utama yang terlibat dalam cara organisasi ritel mengelola kegiatan logistik mereka. dan fasilitas di dalam dan di luar batas-batas tegas. Kedua, masterclass bertujuan untuk memberikan peserta dengan pemahaman dan apresiasi terhadap tren kontemporer utama dalam logistik ritel. Ini akan membantu para peserta merefleksikan dan mengevaluasi kegiatan, fungsi dan proses yang terkait dengan pengelolaan operasi Logistik Ritel. Menilai secara kritis signifikansi dan penerapan teori, konsep, dan kerangka Retail Logistics dalam konteks organisasi ritel yang lebih luas dalam lingkungannya yang kompetitif dan berubah. Diskusikan dan jelaskan peran strategis operasi logistik untuk perusahaan ritel dan tunjukkan pemahaman tentang tren utama yang memiliki pengaruh dan dampak pada operasi Logistik Ritel modern.

Perencanaan Penjualan dan Operasi (S

S

Six Sigma dalam Rantai Pasokan (2 hari)

Masterclass Six Sigma akan membangun dan mengembangkan beberapa keterampilan analitis yang diperkenalkan sebelumnya dalam program ini. Ini akan terletak dalam konteks metode Kualitas dan Manajemen Kualitas Total (TQM) yang menggambarkan perkembangan mereka dari Deeming hingga hari ini. Masterclass akan memberikan pemahaman dan pemanfaatan praktis metodologi Six Sigma berikut pendekatan Define-Measure-Analyze-Improve-Control (DMAIC). Peserta akan dapat menggabungkan teori dengan praktik praktis yang akan bereksperimen dengan teknik kuantitatif dan kualitatif yang digunakan dalam pemecahan masalah rantai pasokan yang khas. Masterclass ini dirancang untuk membawa peserta ke level setara dengan 'Sigma Belt Hijau' 6 Sigma, memungkinkan mereka untuk merancang solusi untuk masalah organisasi. Ini akan memungkinkan mereka untuk mengembangkan pengetahuan mendalam tentang sejarah dan tujuan dari filosofi 6 Sigma dan metode, meningkatkan kemampuan untuk menilai berbagai teknik kuantitatif dan kualitatif dan mengevaluasi penggunaannya dalam memecahkan masalah logistik. Ini akan membantu para peserta untuk merumuskan penggunaan alat analitis yang tepat untuk menganalisa dan memecahkan masalah dalam desain rantai suplai dan strategi perbaikan rantai pasokan menggunakan teknik 6 Sigma.

Strategi Rantai Pasok

Kelas master ini dimaksudkan untuk memberikan para peserta dengan landasan yang kuat untuk kursus dengan memperkenalkan konsep-konsep utama dan prinsip-prinsip yang menyoroti Logistik dan Manajemen Rantai Pasokan, termasuk isu penting keberlanjutan. Kelas master disebut 'Strategi Rantai Pasok

Siapa yang Harus Hadir

Manajemen eksekutif puncak (sektor swasta dan publik) termasuk:

  • Eksekutif Bisnis Senior
  • CxOs
  • Kepala Departemen
  • Manajer Regional
  • Pengambil Keputusan dan Pemilik Bisnis
  • Kepala Departemen (Pengadaan, Rantai Pasokan dan Logistik)
  • Profesional dan Manajer Rantai Pasokan
  • Manajer Proyek
  • Spesialis Kontrak dan Manajer
  • Manajer Operasional dan Pengadaan
  • Pengecer dan Ahli Logistik
  • Pengangkutan dan Pengangkutan Barang
Sekolah ini menawarkan program di:
  • Inggris


Terakhir diperbarui June 21, 2018
Durasi & Harga
Kursus ini Berbasis Kampus
Start Date
Tanggal mulai
Sept. 2019
Duration
Durasi
28 hari
Penuh waktu
Information
Deadline
Locations
Arab Saudi - Khobar, Syarqiyah
Tanggal mulai : Sept. 2019
Tenggat waktu aplikasi Hubungi sekolah
Tanggal selesai Hubungi sekolah
Dates
Sept. 2019
Arab Saudi - Khobar, Syarqiyah
Tenggat waktu aplikasi Hubungi sekolah
Tanggal selesai Hubungi sekolah