Kursus Musim Panas Restorasi Artistik Italia

Umum

Deskripsi Program

Italia memiliki warisan artistik dan sejarah yang sangat penting, mencakup periode waktu yang sangat lama, dan yang sering mengkondisikan seni negara lain. Sistem monumen, gereja, dan museum ini merupakan titik referensi bagi siapa pun yang terlibat atau tertarik pada dunia seni. Menjunjung tinggi dan menyediakan aset-aset ini membutuhkan intervensi dari para profesional yang dapat membanggakan pelatihan di mana pengetahuan historis dan artistik diseimbangkan dengan keterampilan teknis dan ilmiah serta keterampilan operasional yang tinggi.

Melalui kursus musim panas dua minggu yang ditawarkan oleh Accademia di Belle Arti 'Aldo Galli', Anda memiliki kesempatan untuk belajar bagaimana memberikan kehidupan baru pada lukisan di atas kanvas dan kayu, sesuai dengan kriteria restorasi kontemporer .

Jadwal: Program studi berlangsung 2 minggu dengan total 60 jam. Pelajaran berlangsung dari Senin hingga Jumat, paruh waktu, baik pagi dan sore.

Sasaran: Kursus ini dirancang untuk lulusan sekolah menengah, mahasiswa atau profesional dari bidang lain, yang ingin memperdalam atau mendekati tradisi pemulihan budaya Italia dan ingin mempelajari konsep dasar dan teknik, atau bereksperimen dengan yang baru.

Metodologi dan struktur

Kursus ini, disusun sebagai lokakarya restorasi tradisional , dicirikan oleh pendekatan langsung untuk kerja praktek di laboratorium di mana, di bawah bimbingan guru-guru kami, Anda bereksperimen secara manual dengan teknik dasar restorasi dan konservasi lukisan pada kanvas dan kayu , mengintervensi artefak yang disediakan oleh sekolah. Gagasan teoritis dibahas selama kerja praktek.

Di bawah bimbingan guru ahli kami , Anda memperoleh keterampilan dasar untuk mendekati analisis karya dengan cara yang benar, teknik intervensi utama terkait dengan tradisi pemulihan Italia, alat dan bahasa ilmiah yang sesuai .

Pada akhir kursus, ditandai sebagai lokakarya restorasi, Anda akan belajar dasar-dasar untuk memetakan intervensi restorasi dan konservasi dasar pada karya seni dan artefak.

Restorasi Struktural - Minggu pertama didedikasikan untuk masalah struktural lukisan, seperti 1) konsolidasi, lapisan, pengurangan air mata dan inlay kecil sehubungan dengan lukisan di atas kanvas; 2) konsolidasi lukisan panel, serangan serangga (kayu dapat menjadi sumber makanan atau tempat bersarang untuk berbagai serangga seperti kumbang, rayap, dan belatung yang membosankan), pengurangan gelembung dalam film bergambar, dll.

Aesthetic Restoration - Minggu kedua didedikasikan untuk restorasi estetika, baik yang imitatif maupun dengan seleksi kromatik (melalui studi warna, gaya kerja dan teknik intervensi).

Kunjungan situs ke Basilika di Sant'Abbondio, Cattedrale di Santa Maria Assunta (Duomo), Chiesa San Fedele, Pinacoteca Civica (Como), Isola Comacina, la Villa del Balbianello (Lenno) dan Santa Tecla dan San Giovanni (Torno) mewakili gereja metode pembelajaran yang penting serta pengayaan budaya.

Rencana belajar

Pemulihan Struktural

Studi lukisan kuda-kuda

Langkah pertama terdiri dari studi mendalam tentang lukisan dan definisi masalahnya, untuk menetapkan intervensi yang diperlukan untuk restorasi dan konservasi di masa depan. Pada fase ini, Anda belajar tentang jenis dan penyebab degradasi lukisan yang paling umum. Kemudian kursus beralih ke perlindungan film bergambar dengan cara glazur, suatu operasi yang sangat diperlukan baik pada lukisan di atas kanvas maupun di atas kayu.

Mendukung Restorasi

Langkah selanjutnya terdiri dari pemulihan dukungan. Lapisan, lapisan Streep, penjahitan luka dan lecet, konsolidasi cat yang berkaitan dengan lukisan di atas kanvas menggunakan teknik vakum; konsolidasi dan reklamasi bagian kayu dari serangan serangga dan solusi untuk kehilangan adhesi cat untuk lukisan panel.

Pembersihan

Pengetahuan dasar tentang kimia akan diperoleh melalui fase pembersihan, agar Anda dapat melakukannya

Memahami kriteria untuk memilih pelarut dan penggunaannya. Mengingat kerumitan operasi pembersihan, Anda akan bertindak pada bagian lukisan yang terbatas. Setelah pembersihan selesai, bagian yang hilang diplester dengan spatula untuk lukisan di atas kanvas dan dengan kuas untuk orang-orang di kayu.

Restorasi Estetika

Sepuhan

Mengangguk pada penyepuhan baik dalam guas dan misi. Guru akan menunjukkan kepada Anda (pada tablet yang disiapkan sebelumnya) berbagai fase penyepuhan menurut sistem Renaissance Italia. Anda akan dapat menggunakan emas asli dan palsu.

Warna

Catatan tentang teori warna. Pameran warna bermanfaat untuk restorasi dan persiapan palet.

Integrasi pengecatan

Anda memperoleh metode retouching bergambar di tempera dengan sentuhan akhir dengan warna pernis.

Lukisan

Ilustrasi cat alami dan sintetis dan penggunaannya.

Fakultas

Fabio Bernabei

Pada tahun 1977 ia bergabung dengan studio pemulihan lukisan yang dipimpin oleh Prof. Silvio Di Volo di Florence. Dia membuka studionya sendiri pada tahun 1983. Dia bekerja untuk pedagang barang antik penting, kolektor, dan lembaga keagamaan baik di Italia maupun di luar negeri. Dia telah mengajar di Sekolah Pelatihan Profesional Provinsi Siena. Dia telah bekerja sama dengan Otoritas Kesehatan Lokal untuk dimasukkan dalam pasar tenaga kerja orang-orang dengan masalah psikologis melalui terapi seni. Selama bertahun-tahun ia telah mengembangkan keterampilan tinggi dalam merestorasi meja-meja abad keempat belas dan kemudian mengkhususkan diri dalam pemulihan lukisan-lukisan abad ke-19 Italia yang kedua. Dia juga menciptakan, menggunakan teknik lama, beberapa altarpieces untuk institusi keagamaan.

Terakhir diperbarui November 2019

Tentang Sekolah

Universally acknowledged for its great quality in manufacturing textiles – especially silk — this lakefront city was the epicentre of last century artistic and architectural avantgardes. A cultural in ... Baca terus

Universally acknowledged for its great quality in manufacturing textiles – especially silk — this lakefront city was the epicentre of last century artistic and architectural avantgardes. A cultural institution that is the pride of this city and one of Italy finest schools of restoration, the Galli Academy joined the IED Group in 2009. Baca Lebih Sedikit