Diploma Teknologi Informasi & Komunikasi - Spesialisasi Teknologi Interaktif
Asia Pacific University of Technology & Innovation (APU)
Informasi kunci
Lokasi kampus
Kuala Lumpur, Malaysia
Bahasa
Bahasa inggris
format studi
Di kampus
Durasi
2 bertahun-tahun
Kecepatan
Waktu penuh
Biaya pendidikan
USD 12.000 *
Tenggat waktu aplikasi
Minta info
Tanggal mulai paling awal
Minta info
* total untuk pelajar Malaysia: RM 44,900 | total untuk siswa internasional: RM 46,800/USD 12,000
pengantar
Persyaratan masuk
Persyaratan Umum
SPM | 3 SKS minimal 3 mata pelajaran di tingkat SPM termasuk Matematika, minimal lulus Bahasa Malaysia dan Sejarah (Sejarah); |
IGSE/O-Level | 3 SKS (Kelas C & di atas) dalam setidaknya 3 mata pelajaran di IGCSE/O-Level termasuk Matematika; |
UEC | 3 SKS (Kelas B & di atas) dalam setidaknya 3 mata pelajaran di UEC termasuk Matematika; |
Sertifikat | Lulus Program Sertifikat yang relevan atau yang setara; |
Kualifikasi yang APU setara dengan kualifikasi di atas.
Catatan: Persyaratan masuk di atas mungkin berbeda untuk program tertentu berdasarkan standar program terbaru yang diterbitkan oleh Malaysian Qualifications Agency (MQA). Kualifikasi dan persyaratan masuk untuk program akan ditentukan berdasarkan "Daftar Perbandingan Kesetaraan Kualifikasi Internasional dengan SPM (setara O-Level) dan STPM (setara A-Level)" yang diterbitkan oleh Malaysian Qualifications Agency (MQA).
Persyaratan bahasa Inggris
Pelajar internasional
- IELTS: 4.0
- TOEFL IBT: 30-31
- Pearson (PTE): 30
- MUET: Band 2
Garis besar program
APU Diploma Teknologi Informasi & Komunikasi dengan spesialisasi Teknologi Interaktif ini dirancang untuk memberikan:
- Cakupan aspek akademik serta aspek vokasional luas bidang Komputasi dan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dengan menitikberatkan pada aspek interaksi dengan suatu sistem.
- Mempersiapkan siswa untuk berkarir di lingkungan TIK dengan penekanan pada desain solusi, pengembangan multimedia, dan permainan komputer, dukungan infrastruktur teknologi, dan aplikasi interaktif.
- Melatih siswa dengan keterampilan belajar kritis, mandiri, dan kooperatif untuk memfasilitasi tanggapan terhadap perubahan masa depan yang berkelanjutan dalam praktik industri.
- Melengkapi siswa dengan keterampilan akademik dan profesional untuk merencanakan, mengembangkan dan memelihara solusi yang membutuhkan penerapan teknologi dalam konteks organisasi dalam kendala yang dihadapi.
Semester 1
Pada awal program, siswa akan memperoleh keterampilan matematika, bahasa, dan komunikasi dasar bersama dengan keterampilan inti teknologi informasi. Siswa akan mendapatkan pemahaman tentang konsep dasar dan terminologi yang terkait dengan teknologi dan manajemen bisnis.
Modul
- Bahasa Inggris untuk Keperluan Akademik
- Dasar-dasar Kewirausahaan
- Mengelola Bisnis
- Keterampilan TI yang Praktis
Semester 2
Semester kedua membangun dan memperluas pengetahuan dasar yang dikembangkan pada semester pertama. Keterampilan bahasa dan komunikasi dibawa ke tingkat penelitian dan profesionalisme yang lebih tinggi. Kemampuan untuk menganalisis dan memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif dan keakraban dengan teknologi ditingkatkan.
Modul
- Keterampilan Penelitian Akademik
- Sistem Informasi
- Matematika Diskrit
- Komunikasi Profesional
Semester 3
Semester ini memindahkan siswa ke tingkat yang baru dalam bidang terkait teknologi informasi dan komunikasi seperti pemrograman komputer, database, aplikasi Internet, dan arsitektur sistem komputer. Dengan pengetahuan ini, siswa dapat menggunakan alat dan teknik komputasi untuk memecahkan masalah umum dunia nyata.
Modul
- Sistem Basis Data
- Sistem operasi
- Arsitektur Sistem Komputer
- Pemrograman dengan Python
Semester 4
Siswa dihadapkan pada konsep pengembangan yang lebih maju, termasuk penerapan prinsip kegunaan dalam desain web dan proses pengembangan, dan siklus pengembangan sistem. Pada saat yang sama, siswa diperkenalkan dengan desain dan dokumentasi tingkat permainan komputer di Digital Games Design & Re-engineering. Keterampilan kerja diperkenalkan melalui prinsip-prinsip Sistem Operasi, mempersiapkan siswa untuk memberikan dukungan teknis dalam suatu organisasi.
Modul
- Pengembangan web
- Manajemen Operasi Teknologi Informasi
- Rekayasa Ulang Desain Game Digital
- Jaringan & Jaringan
- Analisis & Desain Sistem
Semester 5
Di semester akhir, mahasiswa memperoleh pengetahuan dasar tentang jaringan komputer untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang teknologi komputasi. Selain itu, mereka akan disuguhi teknologi multimedia untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka tentang penggunaan grafik, audio, dan video. Siswa juga merancang dan menerapkan algoritme menggunakan bahasa pemrograman kedua mereka dan menyelesaikan Proyek Pengembangan Perangkat Lunak untuk menunjukkan bahwa mereka dapat mengintegrasikan keterampilan, pengetahuan, dan pemahaman dari program penuh, termasuk teknik multimedia untuk presentasi bisnis dan hiburan.
Modul
- Pemrograman Java
- Produksi Gambar Digital
- Teknologi Audio-Visual
- Proyek Pengembangan Perangkat Lunak
Semester 6 - Magang (8 minggu)
Siswa akan mengikuti Pelatihan Magang/Industri selama minimal 8 minggu untuk mempersiapkan mereka dalam transisi yang mulus dari kelas ke lingkungan kerja.
*Selain hal di atas, semua siswa juga diwajibkan untuk berhasil menyelesaikan modul Studi Umum sebagaimana ditetapkan oleh Badan Kualifikasi Malaysia, serta memenuhi persyaratan kredit untuk kegiatan ko-kurikuler.
Pembelajaran lebih lanjut
Setelah berhasil menyelesaikan program ini dengan CGPA 2,5 ke atas; Anda akan memenuhi syarat untuk maju ke salah satu program gelar berikut yang ditawarkan di APU .
- BSc (Hons) dalam Pengembangan Game Komputer
- BSc (Hons) dalam Teknologi Multimedia
- BSc (Hons) dalam Teknologi Multimedia dengan spesialisasi dalam VR/AR
- BSc (Hons) dalam Teknologi Informasi
- BSc (Hons) di bidang Teknologi Informasi dengan spesialisasi dalam:
- Keamanan Sistem Informasi*
- Komputasi awan*
- Komputasi Jaringan
- Teknologi Seluler*
- Internet of Things (IoT)
- Transformasi Digital
- Teknologi Finansial (FinTech)
- Sistem Informasi Bisnis
* Harap perhatikan bahwa modul Bridging diperlukan sebelum melanjutkan ke Tahun 2.
Untuk daftar lengkap Program Diploma kami, silakan lihat brosur program Pra-Universitas.
Biaya kursus
Pelajar Malaysia | Pelajar internasional |
RM44.900 | RM 46.800 (USD 12.000) |
* Biaya yang tercantum di sini tidak termasuk Deposit dan Biaya Lain-lain.
Kurikulum
Garis besar program
Diploma APU Teknologi Informasi & Komunikasi dengan spesialisasi Teknologi Interaktif ini dirancang untuk memberikan:
- Cakupan aspek akademik maupun aspek vokasional mencakup bidang Komputasi dan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang luas, dengan penekanan pada aspek interaksi dengan suatu sistem.
- Persiapkan siswa untuk karir di lingkungan TIK dengan penekanan pada desain solusi, multimedia, dan pengembangan permainan komputer, dukungan infrastruktur teknologi, dan aplikasi interaktif.
- Melatih siswa dengan keterampilan belajar yang kritis, mandiri, dan kooperatif sehingga dapat memfasilitasi respons terhadap perubahan praktik industri yang berkelanjutan di masa mendatang.
- Membekali siswa dengan keterampilan akademik dan profesional untuk merencanakan, mengembangkan, dan memelihara solusi yang membutuhkan penerapan teknologi dalam konteks organisasi dalam kendala yang dihadapi.
Semester 1
Pada awal program, siswa akan memperoleh keterampilan dasar matematika, bahasa, dan komunikasi bersama dengan keterampilan inti teknologi informasi. Siswa akan memperoleh pemahaman tentang konsep dasar dan terminologi yang berkaitan dengan teknologi dan manajemen bisnis.
Modul
- Bahasa Inggris untuk Keperluan Akademik
- Dasar-dasar Kewirausahaan
- Mengelola Bisnis
- Keterampilan TI Praktis
Semester 2
Semester kedua membangun dan memperluas pengetahuan dasar yang dikembangkan pada semester pertama. Keterampilan bahasa dan komunikasi dibawa ke tingkat penelitian dan profesionalisme yang lebih maju. Kemampuan untuk menganalisis dan memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif dan keakraban dengan teknologi ditingkatkan.
Modul
- Keterampilan Penelitian Akademik
- Sistem Informasi
- Matematika Diskrit
- Komunikasi Profesional
Semester 3
Semester ini memindahkan siswa ke tingkat baru dalam bidang terkait teknologi informasi dan komunikasi seperti pemrograman komputer, basis data, aplikasi Internet, dan arsitektur sistem komputer. Dengan pengetahuan ini, siswa dapat menggunakan alat dan teknik komputasi untuk memecahkan masalah dunia nyata yang umum.
Modul
- Sistem Basis Data
- Sistem operasi
- Arsitektur Sistem Komputer
- Pemrograman dengan Python
Semester 4
Siswa dihadapkan pada konsep pengembangan yang lebih maju, termasuk penerapan prinsip kegunaan dalam desain web dan proses pengembangan, serta siklus pengembangan sistem. Pada saat yang sama, siswa diperkenalkan dengan desain dan dokumentasi level game komputer di Digital Games Design & Re-engineering. Keterampilan kerja diperkenalkan melalui prinsip-prinsip Sistem Operasi, mempersiapkan siswa untuk memberikan dukungan teknis dalam suatu organisasi.
Modul
- Pengembangan web
- Manajemen Operasional Teknologi Informasi
- Rekayasa Ulang Desain Game Digital
- Jaringan & Jaringan
- Analisis & Desain Sistem
Semester 5
Pada semester akhir, mahasiswa memperoleh pengetahuan dasar tentang jaringan komputer untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang teknologi komputasi. Selain itu, mereka akan dipaparkan dengan teknologi multimedia untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka tentang penggunaan grafik, audio, dan video. Siswa juga merancang dan mengimplementasikan algoritme menggunakan bahasa pemrograman kedua mereka dan menyelesaikan Proyek Pengembangan Perangkat Lunak untuk menunjukkan bahwa mereka dapat mengintegrasikan keterampilan, pengetahuan, dan pemahaman dari program lengkap, termasuk teknik multimedia untuk presentasi bisnis dan hiburan.
Modul
- Pemrograman Java
- Produksi Gambar Digital
- Teknologi Audio-Visual
- Proyek Pengembangan Perangkat Lunak
Semester 6 - Magang (8 minggu)
Siswa akan melakukan Magang / Pelatihan Industri untuk jangka waktu minimal 8 minggu untuk mempersiapkan mereka untuk kelancaran transisi dari ruang kelas ke lingkungan kerja.
*Selain hal di atas, semua siswa juga diharuskan untuk berhasil menyelesaikan modul Studi Umum sebagaimana ditetapkan oleh Badan Kualifikasi Malaysia, serta memenuhi persyaratan kredit untuk kegiatan Ko-kurikuler.
Pembelajaran lebih lanjut
Setelah berhasil menyelesaikan program ini dengan CGPA 2.5 ke atas; Anda berhak melanjutkan ke salah satu program gelar berikut yang ditawarkan di APU.
- BSc (Hons) dalam Pengembangan Game Komputer
- BSc (Hons) dalam Teknologi Multimedia
- BSc (Hons) dalam Teknologi Multimedia dengan spesialisasi di VR/AR
- BSc (Hons) dalam Teknologi Informasi
- BSc (Hons) dalam Teknologi Informasi dengan spesialisasi di:
- Keamanan Sistem Informasi*
- Komputasi awan*
- Komputasi Jaringan
- Teknologi Seluler*
- Internet of Things (IoT)
- Transformasi Digital
- Teknologi Keuangan (FinTech)
- Sistem Informasi Bisnis
* Harap perhatikan bahwa modul Bridging diperlukan sebelum melanjutkan ke Tahun 2.
Untuk daftar lengkap Program Diploma kami, silakan lihat brosur program Pra-Universitas.